Bantuan Bisnis dari Entrepreneur.com

.......... | 0 comments
Entrepreneur.com memunculkan website khusus yang menawarkan aneka bantuan untuk kalangan UKM di Indonesia.

Anda mungkin termasuk orang yang memiliki Ide bisnis. Belum tentu semua ide bisnis itu bisa diwujudkan ke dalam bisnis nyata. Dan jika sudah punya pengalaman, tentu punya cara bagaimana menentukan layak tidaknya suatu ide bisnis untuk diwujudkan dalam bentuk bisnis nyata.

Tapi jika anda kebetulan pemula, mendapatkan ide bisnis kerap seperti menemukan kunci pembuka harta karun tapi lupa melakukan action-nya sehingga harta karun tak pernah terbuka. Akibatnya ide bisnis terus menumpuk sementara posisi anda tetap tak beranjak menjadi pengusaha. Mungkin penyebabnya karena anda tak tahu bagaimana menilai kelayakan ide bisnis itu sehingga tak pernah berani melangkah.

Nah baru baru ini majalah Entrepreneur melalui websitenya www.Entrepreneur.com meluncurkan layananan baru yang sangat membantu bagi kalangan bisnis kecil (UKM) yaitu Enterpreneur Assist. Layanan ini tak dimaksudkan hanya untuk para pemula. Tetapi bagi para pemula bantuan Entrepreneur Assist benar-benar membantu. Syaratnya anda harus mendaftar. Tahapan mendaftarpun sangat sederhana, hanya mengisi nama dan alamat email. Selain itu kendatipun ditujukan untuk kalangan UKM Amerika Serikat (disana disebutnya SME/Small Medium Entrerprises), banyak manfaat yang bisa diambil oleh pengusaha menengah dan kecil di Indonesia.

Salah satu manfaatnya adalah disediakannya berbagai template (formulir baku) untuk keperluan perhitungan bisnis dan analisa (akunting). Dengan tempate ini kita tinggal mengisi tabel yang tersedia untuk mendapatkan gambaran performa bisnis yang kita inginkan. Misalnya arus dana pembelanjaan, pembelian, dan sebagainya. Tetapi ada juga template di luar akunting seperti tempat untuk melihat tingkat kelayakan ide bisnis yang kita punyai sebelum mengimplementasikannya menjadi bisnis riil. Template yang diberi nama Business Idea Alaysis Worksheet tersebut terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama disediakan untuk melihat sejauh mana kelayakan pengalaman kita pada ide bisnis itu. Dengan empat ide bisnis yang dimiliki kita bisa menganalisanya yang mana yang paling mungkin kita jalankan dengan sempurna dari skor masing-masing.

Selain itu ada sejumlah bimbingan bisnis yang bisa di download secara gratis. Buku seperi Projek Management Made Easy, Six Sigma for Small Business, Advertising Without an Agency Made Esay dan Niche and Get Rich cukup menarik dibaca dan akan membantu dalam pengembangan bisnis. Menariknya, mesti buku umumnya besar sehingga kerap membutuhkan waktu download lama, karena sambungan internet bisa diunduh dalam waktu yang relarif pendek. Buku Niche and Get Rich, misalnya yang tebanya 240 halaman hanya dihimpun dalam file 20 MB. Jika di download menggunakan sambungan internet Telkomnet Instan tak akan sampai sepuluh menit. Entrepreneur Assit dirancangan benar-benar untuk membantu kalangan pebisnis menyelesaikan bisnisnya. Dibuat dengan model loker atau semacam akun email.

Ada Spredsheet, Document dan Presentation gratis yang khusus disediakan untuk pemiliknya. Tentu saja ketiga program ini dipilih karena paling banyak digunakan oleh kalangan bisnis.

Spreadsheet digunakan untuk perhitungan keuangan.
Document untuk membuat laporan dan menulis macam-macam
(semacam program Words dari Microsoft) dan
Presentation untuk membuat presentasi bisnis.

Dokumen yang bisa kita buat disimpan di folder di dalam akun kita Entrepreneur Assist. Jadi kita bisa membuka kembali file kita dimanapun kita berada tak perlu harus bergantung pada computer di kantor atau dirumah.


sumber: majalah DUIT!

"Kalau anda tahu jawaban yang benar dari sebuah pertanyaan, anda adalah orang yang pandai namun kalau anda tahu pertanyaan yang tepat maka itulah yang disebut bijaksana."
Tanadi Santosa

Join FriendFinder - Find Your Special Someone!





Internet Advertising

Labels: 

Author: ..........

Date: Selasa, 07 April 2009

0 comments  | Leave a comment

0 comments to "Bantuan Bisnis dari Entrepreneur.com"

Posting Komentar