Kiat Membuka Usaha

.......... | 0 comments
Bagi sebagian dari Anda mungkin tidak dapat mengandalkan gaji dari tempat bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Membuka usaha sendiri barangkali menjadi keinginan untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan ekonomi.
Lalu kiat apa sajakah yang bisa digunakan dalam membuka usaha? Simak kiat berikut ini :

Cari dan Kumpulkan Informasi
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan bidang usaha yang akan Anda geluti. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencari informasi, diantaranya dengan membaca buku, artikel di internet, media massa, mengikuti seminar mengenai usaha, atau bahkan obrolan dengan orang yang memang telah menggeluti bidang usaha yang Anda pilih.

Kuasai Teknis
Bukan hanya modal yang harus Anda pikirkan, persoalan mengenai teknis perijinan, hukum, pembukuan - karena Anda harus memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis Anda-. Persoalan teknis lainnnya yaitu mengenai strategi promosi dan pemasaran.

Selain itu teknologi juga harus dipersiapkan, untuk usaha tingkat kecil dan menengah mungkin belum memerlukan banyak teknologi namun Anda juga harus sudah memikirkan bila usaha maju dan berkembang tentunya membutuhkan teknologi agar dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga dapat menekan biaya produksi.

Permodalan
Jangan berkecil hati bila Anda tidak memiliki cukup modal untuk memulai usaha, cobalah Anda meminjam pada teman atau lembaga. Pilihlah bunga pinjaman yang memberatkan dan masih bisa Anda bayar dari keuntungan usaha Anda.

Bila Anda meminjam modal bukan dari lembaga, mungkin yang dibutuhkan hanyalah kepercayaan. Namun bila Anda meminjam dari sebuah lembaga seperti bank, koperasi, atau kantor tempat Anda bekerja maka dibutuhkan proposal usaha yang berisi detil usaha apa yang akan Anda buka nantinya. Mulailah menganalisa kebutuhan modal untuk SDM, teknologi, keuangan, masalah pajak dan hukum, iklan dan pemasaran dalam usaha Anda nantinya.

Alternatif lainnya adalah bekerjasama dengan pemilik modal. Pastikan bahwa orang tersebut adalah orang yang dapat Anda percaya, tentunya tetap harus ada perjanjian tertulis sebagai antisipasi bila ada permasalahan dikemudian hari.

sumber: ruangkeluarga



Join FriendFinder - Find Your Special Someone!






Internet Advertising

Labels: 

Author: ..........

Date: Rabu, 01 April 2009

0 comments  | Leave a comment

0 comments to "Kiat Membuka Usaha"

Posting Komentar